10/02/19

Contoh LKT Dan JST Untuk Menganalisa Alur Aplikasi Jual Beli Online LAZADA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Lazada diluncurkan pada bulan Maret 2012 dan berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Indonesia merupakan salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada Filipina dengan total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara tersebut.

          Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Proyek yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. Pada tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak membantu mulai dari merekrut tenaga ahli, meyuntikan dana, dan mengimplementasikan platfrom teknologinya. Namun setelah lazada mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi investasi dan pendanaannya. Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520miliyar.

          Lazada sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel e-commerce di Indonesia berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk dari berbagai kategori, mulai dari produk eloktonik, dekorasi rumah, produk kesehatan hingga produk kecantikan, dengan cukup mengakses situs maupun aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas multiple payment termasuk cash-on-delivery, memberikan kemudahan bagi konsumen khususnya di Indonesia untuk mendapat barang-barang terbaru yang diinginkannya. Selain memberikan kemudahan transaksi lazada juga memberikan berbagai promo serta diskon dengan potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk para pembeli. Untuk informasi mengenai segala produk dapat diakses di website Lazada indonesia yaitu lazada.co.id. Lazada merupakan perintis e-commerce di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan beberapa pengalaman belanja online cepat, aman dan nyaman. Bagi Lazada prioritas tertinggi adalah untuk menciptakan pengalaman belanja online
cepat, aman dan nyaman. Bagi Lazada prioritas tertinggi adalah untuk menciptakan pengalaman belanja online terbaik untuk setiap pelanggan di Indonesia.

Semenjak tiga tahun beroperasi di Indonesia semenjak Maret 2012 lalu, lazada telah berhasil mencatatkan beberapa pencapaian yang luar biasa. Pada bulan September 2014 lalu lazada Indonesia berhasil melakukan penjualan secara ekslusif smartphone Xiaomi Redmi 1S yang berhasil habis terjual dalam waktu tujuh menit. Di bulan tersebut juga, Lazada disebut sebagai situs e-commerce paling populer di Indonesia berrdasarkan hasil riset oleh perusahaan riset NusaResearch. Kemudian di bulan Desember 2014 lazada juga berhasil mengadakan event Online Revolutin 12.12, yaitu event promo yang diprakarsai oleh Lazada yang juga diikuti oleh beberapa perusahan raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yang berhasil mencatatkan 10 juta kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam kurun waktu 24 jam. Sampai akhir Desember 2014 tahun lalu tercatat total nilai barang terjual (GMV-Gross Merchandising Volume) di lazada adalah $384 juta dan mengalami peningkatan 300% dibanding tahun sebelumnya.

             CEO Lazada Indonesia pada saat ini adalah Magnus Ekbom. Ia pindah dari Swedia ke Asia pada tahun 2011 dan dalam lima tahun terakhir terfokus pada pasar Asia Tenggara di mana dia sekarang bertempat tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan saat ini Lazada Indonesia kurang lebih memiliki sekitar lima ratus karyawan.
1.2   Rumusan Masalah
1.      Apa tujuan berdirinya perusahaan Lazada ?
2.      Apa kelebihan  yang di tawarkan oleh Lazada ?
3.      Pencapaian terbesar apa yang pernah di raih Lazada ?





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 LKT (Lampiran Kerja Tampilan)



2.1.1 Navigasi
1.      Customer Care: Jika di klik akan menuju kehalaman pelayanan customer.
2.      Lacak Pesanan : Jika di klik akan menuju ketampilan lacak barang pesanan.
3.      Login               : Jika di Klik akan menuju kepengisian data customer yang sudah  punya  akun (borang).
4.      Daftar             : Jika di Klik akan menuju kepengisian data customer baru (pengisian  data lengkap) (borang).
5.      Kategori          : Jika di klik salah satu            kategori yang ada, maka akan muncul ke tampilan kategori yang kita klik.
6.      Official Store   : Jika di Klik akan menuju ke official store LAZADA (resmi).
7.       Koleksi Taobao           : Jika di Klik akan menuju ke tampilan store TAOBAO
8.      Pulsa dan E-Store        : Jika di Klik akan menuju ke halaman tersebut untuk melayani pembelian top up instan.
9.       Toserba Kilat              : Jika di Klik akan menuju ke tampilan untuk pelayanan khusus dengan proses dang pengiriman cepat.
10.  Jika kita klik icon keranjang akan menuju ke tampilan proses check out / barang-barang yang sudah dipesan.
11.  Jika kita klik search dan mengetik barang yang ingin kita cari maka akan muncul barang tersebut.
12.  Jika kita klik icon LAZADA.co.id maka akan kembali kehalaman awal.
13.  Jika kita menarik icon scrol maka akan menuju ke tampilan bawah selanjutnya.
14.  Pada tampilan kolom paling populer tidak bisa di klik, namun terdapat kategori barang yang populer yang bisa di klik.
15.  Jika kita klik icon highlight maka akan menuju tampilan iklan.
16.  Layanan pelanggan : klik salah satu kategori pilihan maka akan berpindah ke tampilan sesuai yang anda klik yangmasih berhubungan dengan layanan pelanggan.
17.  Jelajah LAZADA : klik salah satu kategori pilihan maka akan berpindah ke tampilan sesuai yang anda klik yang masih berhubungan LAZADA.
18.  NEWSLETTER :Jika kita mengisikan email dan memilih gender lalu klik daftar kita akan daftar akun.
19.  App store dan Google Play : Jika kita klik maka akan menuju halaman untuk downlad aplikasi LAZADA
20.  Metode pembayaran : Teks ini tidak bisa di klik namun terdapat kategori pilihan pembayaran di bawahnya yang bisa kita klik untuk memilih media pembayaran.
21.  Jasa pengiriman : Teks ini tidak bisa di klik namun terdapat kategori pilihan pengiriman di bawahnya yang bisa kita klik untuk memilih jasa pengiriman.
22.  Verified by : Jika kita klik icon verified maka akan menuju halaman verifikasi pengesahan LAZADA.
23.  Follow us : Jika kita klik salah satu icon media social , maka akan berpindah ke tampilan halaman media social LAZADA.
2.1.2 Keterangan
1.      Logo lazada memakai Avant Garde,dengan Size Font  15,Capslock,Bold.
2.      Menjadi Seller,Custamer care,lacak pesanan,login,daftar memakai Avant Garde,dengan Size Font  12.
3.      Banner Promo memakai Avant Garde,dengan Size font 30,Bold.
4.      Layanan pelanggan,Jelajahi Lazada memakai Avant Garde,dengan size font 12,Capslock.
5.      Official Store,Tabao,Pulsa &E store memakai Avant Garde,dengan Size font 8.
6.      Sisanya memakai  Avant Garde MD Size 12.

2.1 JST (Jaringan Semantik Tampilan)

2.2.2 Penjelasan JST

                Dari Gambar diketahui sebuah aplikasi dengan tampilan T1, T2, T3, T4, T5, T6, T7, T8, T9, T10, T11, T12, T13, T14, T15, T16, T17. Jika klik icon Akun akan menuju kehalaman tampilan T2, pada tampilan T2 jika kita klik DAFTAR atau LOGIN maka akan menuju tampilan T3 atau T4. Dari T3 bisa menuju ke T4 jika kita mengeklik LOGIN. Dari T2 kita bisa menuju ke tampilan T5 jika ingin LOGOUT, dan dari T5 jika kita klik LOGOUT maka akan kembali ke halaman utama T1.

Dari T1 klik menu KATEGORI maka akan menuju ke T6 dan dari T6 kita bisa kembali lagi menuju ke T1 jika mnegeklik back. Dari T1 jika klik borang pencarian maka akan mengarah ke tampilan T7, dari T7 setelah mengisi borang dan klik “cari” akan mengarahkan ke tampilan hasil pencarian yaitu di T8, dari T8 bisa kembali lagi ke T1 jika kita klik Beranda. Dari T8 jika kita membeli barang maka akan menuju ke T11. Dari T1 kita klik Gambar Promo T9 akan menuju ke tampilan halamanT10. Dari T10 dapat kembali menuju ke T1 jika kita klik Beranda.
Dari T1 klik icon Troli akan menuju ketampilan T11, dari T11 kita bisa kembali lagi ke T1 jika kita klik back. Dari T11 jika melanjutkan pembayaran maka akan menuju tampilan T12. Dari T12 kita melakukan checkout pembayaran yang menuju tampilan T13. Dari T13 kita bisa memilih  pembayaran metode pembayaran Transfer atau langsung yang akan menuju tampilan pada T14 dan t15. Jika kita memilih pembayaran Langsung/COD maka akan menuju ke T14, dan jika memilih pembayaran via Transfer maka akan menuju ke T15. Dari T14 dan T15 jika proses pembayaran telah selesai maka akan menuju tampilan konfirmasi pembayaran di T16. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran di T16, maka akan menuju kembali ke halaman utama di T1. Dari T1 jika kita klik icon navigasi maka akan menuju tampilan T17, dan jika kita mengeklik back maka akan kembali lagi ke halaman utama di T1.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
    Berbelanja di online LAZADA.co.id, mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai penjualan barang secara online. Dan Lazada adalah salah satu inovasi terbaru dalam transaksi pembelanjan secara online dan cepat.

Kelebihan belanja di online LAZADA
1. Beraneka ragam produk tersedia
2.Banyak diskon yang ditawarkan.
3. Website user yang friendly
4.Pengiriman barang cepat

Kekurangan belanja online di LAZADA.
1.Konfirmasi pembayaran cukup lama

3.2 Saran
    Kurang lebihnya inilah yang dapat kami sampai kan melalui makalah ini. Jika ada kritik dan saran kami sangat menerima sebagaimana untuk perbaikan dalam pembuatan makalah selanjut. Dan pergunakan sesuatu nya dengan bijak dan terus kembangkan inovasi – inovasi baru untuk perkembangan zaman yang akan datang .


DAFTAR PUSTAKA

https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar