BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Lazada diluncurkan pada bulan
Maret 2012 dan berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Indonesia merupakan
salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di
enam negara di Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia,
Lazada Thailand, Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada Filipina dengan
total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara
tersebut.
Lazada
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel
e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet
asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan
berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan
dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Proyek yang dimiliki Rocket
Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. Pada
tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak membantu mulai dari merekrut
tenaga ahli, meyuntikan dana, dan mengimplementasikan platfrom teknologinya.
Namun setelah lazada mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak
lagi banyak terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket
Internet lebih berperan dari segi investasi dan pendanaannya. Selain Rocket
Internet, lazada juga mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar
seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, Investment AB
Kinnevik, Access Industries, dan Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $
520miliyar.
Lazada
sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel e-commerce di Indonesia
berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai
jenis produk dari berbagai kategori, mulai dari produk eloktonik, dekorasi
rumah, produk kesehatan hingga produk kecantikan, dengan cukup mengakses situs
maupun aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas multiple payment
termasuk cash-on-delivery, memberikan kemudahan bagi konsumen khususnya di
Indonesia untuk mendapat barang-barang terbaru yang diinginkannya. Selain
memberikan kemudahan transaksi lazada juga memberikan berbagai promo serta
diskon dengan potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya
menarik untuk para pembeli. Untuk informasi mengenai segala produk dapat
diakses di website Lazada indonesia yaitu lazada.co.id. Lazada merupakan
perintis e-commerce di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia
dengan beberapa pengalaman belanja online cepat, aman dan nyaman. Bagi Lazada
prioritas tertinggi adalah untuk menciptakan pengalaman belanja online
cepat, aman dan nyaman. Bagi Lazada prioritas tertinggi adalah untuk
menciptakan pengalaman belanja online terbaik untuk setiap pelanggan di
Indonesia.
Semenjak tiga tahun beroperasi di Indonesia
semenjak Maret 2012 lalu, lazada telah berhasil mencatatkan beberapa pencapaian
yang luar biasa. Pada bulan September 2014 lalu lazada Indonesia berhasil
melakukan penjualan secara ekslusif smartphone Xiaomi Redmi 1S yang berhasil
habis terjual dalam waktu tujuh menit. Di bulan tersebut juga, Lazada disebut
sebagai situs e-commerce paling populer di Indonesia berrdasarkan hasil riset
oleh perusahaan riset NusaResearch. Kemudian di bulan Desember 2014 lazada juga
berhasil mengadakan event Online Revolutin 12.12, yaitu event promo yang
diprakarsai oleh Lazada yang juga diikuti oleh beberapa perusahan
raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yang berhasil mencatatkan 10 juta
kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam kurun waktu 24 jam. Sampai akhir
Desember 2014 tahun lalu tercatat total nilai barang terjual (GMV-Gross
Merchandising Volume) di lazada adalah $384 juta dan mengalami peningkatan 300%
dibanding tahun sebelumnya.
CEO Lazada Indonesia pada saat ini adalah
Magnus Ekbom. Ia pindah dari Swedia ke Asia pada tahun 2011 dan dalam lima
tahun terakhir terfokus pada pasar Asia Tenggara di mana dia sekarang bertempat
tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan saat ini Lazada Indonesia kurang lebih
memiliki sekitar lima ratus karyawan.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa tujuan berdirinya perusahaan Lazada ?
2. Apa kelebihan yang di tawarkan
oleh Lazada ?
3. Pencapaian terbesar apa yang pernah di raih Lazada ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
LKT (Lampiran Kerja Tampilan)
2.1.1 Navigasi
1. Customer Care: Jika di klik akan
menuju kehalaman pelayanan customer.
2. Lacak Pesanan : Jika di klik akan menuju ketampilan lacak barang pesanan.
3. Login :
Jika di Klik akan menuju kepengisian data customer yang sudah punya akun
(borang).
4. Daftar : Jika di Klik akan
menuju kepengisian data customer baru (pengisian data lengkap) (borang).
5. Kategori : Jika di klik salah satu kategori
yang ada, maka akan muncul ke tampilan kategori yang kita klik.
6. Official Store : Jika di Klik akan menuju ke official store LAZADA (resmi).
7. Koleksi Taobao : Jika di Klik akan menuju ke tampilan store TAOBAO
8. Pulsa dan E-Store : Jika di Klik akan menuju ke halaman
tersebut untuk melayani pembelian top up instan.
9. Toserba Kilat : Jika di Klik akan menuju ke
tampilan untuk pelayanan khusus dengan proses dang pengiriman cepat.
10. Jika kita klik icon keranjang akan
menuju ke tampilan proses check out / barang-barang yang sudah dipesan.
11. Jika kita klik search dan mengetik
barang yang ingin kita cari maka akan muncul barang tersebut.
12. Jika kita klik icon LAZADA.co.id maka
akan kembali kehalaman awal.
13. Jika kita menarik icon scrol maka
akan menuju ke tampilan bawah selanjutnya.
14. Pada tampilan kolom paling populer
tidak bisa di klik, namun terdapat kategori barang yang populer yang bisa di
klik.
15. Jika kita klik icon highlight maka
akan menuju tampilan iklan.
16. Layanan pelanggan : klik salah satu
kategori pilihan maka akan berpindah ke tampilan sesuai yang anda klik
yangmasih berhubungan dengan layanan pelanggan.
17. Jelajah LAZADA : klik salah satu
kategori pilihan maka akan berpindah ke tampilan sesuai yang anda klik yang masih
berhubungan LAZADA.
18. NEWSLETTER :Jika kita mengisikan
email dan memilih gender lalu klik daftar kita akan daftar akun.
19. App store dan Google Play : Jika kita
klik maka akan menuju halaman untuk downlad aplikasi LAZADA
20. Metode pembayaran : Teks ini tidak bisa
di klik namun terdapat kategori pilihan pembayaran di bawahnya yang bisa kita
klik untuk memilih media pembayaran.
21. Jasa pengiriman : Teks ini tidak bisa
di klik namun terdapat kategori pilihan pengiriman di bawahnya yang bisa kita
klik untuk memilih jasa pengiriman.
22. Verified by : Jika kita klik icon
verified maka akan menuju halaman verifikasi pengesahan LAZADA.
23. Follow us : Jika kita klik salah satu
icon media social , maka akan berpindah ke tampilan halaman media social
LAZADA.
2.1.2 Keterangan
1. Logo lazada
memakai Avant Garde,dengan Size Font
15,Capslock,Bold.
2. Menjadi
Seller,Custamer care,lacak pesanan,login,daftar memakai Avant Garde,dengan Size
Font 12.
3. Banner
Promo memakai Avant Garde,dengan Size font 30,Bold.
4. Layanan
pelanggan,Jelajahi Lazada memakai Avant Garde,dengan size font 12,Capslock.
5. Official
Store,Tabao,Pulsa &E store memakai Avant Garde,dengan Size font 8.
6. Sisanya
memakai Avant Garde MD Size 12.
2.1 JST (Jaringan Semantik Tampilan)
2.2.2 Penjelasan JST
Dari Gambar diketahui sebuah
aplikasi dengan tampilan T1, T2, T3, T4, T5, T6, T7, T8, T9, T10, T11, T12,
T13, T14, T15, T16, T17. Jika klik icon Akun akan menuju kehalaman tampilan T2,
pada tampilan T2 jika kita klik DAFTAR atau LOGIN maka akan menuju tampilan T3
atau T4. Dari T3 bisa menuju ke T4 jika kita mengeklik LOGIN. Dari T2 kita bisa
menuju ke tampilan T5 jika ingin LOGOUT, dan dari T5 jika kita klik LOGOUT maka
akan kembali ke halaman utama T1.
Dari
T1 klik menu KATEGORI maka akan menuju ke T6 dan dari T6 kita bisa kembali lagi
menuju ke T1 jika mnegeklik back. Dari T1 jika klik borang pencarian maka akan
mengarah ke tampilan T7, dari T7 setelah mengisi borang dan klik “cari” akan
mengarahkan ke tampilan hasil pencarian yaitu di T8, dari T8 bisa kembali lagi
ke T1 jika kita klik Beranda. Dari T8 jika kita membeli barang maka akan menuju
ke T11. Dari T1 kita klik Gambar Promo T9 akan menuju ke tampilan halamanT10.
Dari T10 dapat kembali menuju ke T1 jika kita klik Beranda.
Dari T1 klik icon Troli akan menuju ketampilan T11, dari T11
kita bisa kembali lagi ke T1 jika kita klik back. Dari T11 jika melanjutkan
pembayaran maka akan menuju tampilan T12. Dari T12 kita melakukan checkout
pembayaran yang menuju tampilan T13. Dari T13 kita bisa memilih pembayaran metode pembayaran Transfer atau
langsung yang akan menuju tampilan pada T14 dan t15. Jika kita memilih
pembayaran Langsung/COD maka akan menuju ke T14, dan jika memilih pembayaran
via Transfer maka akan menuju ke T15. Dari T14 dan T15 jika proses pembayaran
telah selesai maka akan menuju tampilan konfirmasi pembayaran di T16. Setelah
melakukan konfirmasi pembayaran di T16, maka akan menuju kembali ke halaman
utama di T1. Dari T1 jika kita klik icon navigasi maka akan menuju tampilan
T17, dan jika kita mengeklik back maka akan kembali lagi ke halaman utama di
T1.